UPI Kampus Cibiru? Inilah Pendapat Mereka

Setiap perguruan tinggi memiliki kultur atau suasana perkuliahannya masing-masing. Tidak terkecuali UPI Kampus Cibiru, suasana perkuliahan di UPI Kampus Cibiru dibangun atas unsur-unsur geografis, budaya, visi misi kampus, dan tentunya sivitas akademiknya itu sendiri.

Sebagai mahasiswa baru tentunya saya belum terlalu banyak mengenal tentang kehidupan yang ada di UPI Kampus Cibiru ini, untuk itu saya beserta teman-teman saya melakukan wawancara kepada 15 orang kating (kakak tingkat) dari angkatan 2016 hingga 2014 mengenai seputar kehidupan organisasi di UPI Kampus Cibiru, kehidupan sosial pertemanan mahasiswanya, cara untuk mendapatkan nilai tinggi di setiap mata perkuliahan dan bagaimana berinteraksi dengan sivitas akademik UPI Kampus Cibiru seperti Dosen, Karyawan, Kakak Kelas, Adik Kelas, Alumni dan Masyarakat Sekitar.

Seperti apakah UPI Kampus Cibiru dimata para mahasiswanya?
Berikut inilah informasi dari curhatan para kating (kakak tingkat) saya yang sudah jauh melalang buana, mengecap pahit manis kuliah di kampus yang berada di Bandung Timur ini.

Banyak dari mereka menilai bahwa organisasi di UPI Kampus Cibiru sangatlah sibuk, bahkan ada yang bilang bahwa BEM itu singkatan dari Badan Event Mahasiswa karena saking sibuknya dan kebanyakan kegiatan di dominasi oleh BEM padahal BEM itu sendiri memiliki arti yang berbeda, yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa. Kegiatan organisasi UPI Kampus Cibiru itu sendiri selain sibuk tentunya juga sangat menyita waktu dan konsentrasi karena memang harus terbagi dua antara organisasi dan akademik.
Organisasi di UPI Kampus Cibiru walaupun sibuk juga memberikan manfaat yang luar biasa bagi pergerakan organisasi di UPI Kampus Cibiru, hal itu sangat berdampak bagi kampus karena itu salah satu dari aspirasi mahasiswa. Berbagai aspirasi mahasiswa bisa dimasukkan dalam organisasi manapun dan nanti organisasi itu akan menyampaikannya pada lembaga-lembaga yang bersangkutan. Contohnya seperti UKM BOMA yang baru berdiri selama satu tahun, itu adalah aspirasi dari mahasiswa karena aspirasi mahasiswa ingin adanya olahraga dan ingin ada yang mewadahinya di UPI Kampus Cibiru maka dibentuklah Badan Olahraga Mahasiswa (BOMA). Sebenarnya organisasi yang ada di UPI Kampus Cibiru terbilang sangat banyak namun antunsias dari mahasiswa itu sendiri masih sangat rendah, walaupun demikian organisasi di UPI Kampus Cibiru patut di apresiasikan karena sudah bagus bahkan diantara kamda-kamda lain sudah terkenal kualitas dan kuantitasnya.

Selain itu, kehidupan sosial pertemanannya juga terbilang sangat harmonis, dari mulai kakak tingkat hingga adik tingkat tidak memiliki kerenggangan hubungan karena tidak ada senioritas dan tidak ada bullying semuanya berjalan dengan baik sesuai dengan aturan.Walaupun demikian ada juga yang beranggapan bahwa hubungan sosial para mahasiswa tidak terlalu baik karena adanya saling sikut antar mahasiswa yang memiliki sifat ambisius karena ingin mendapatkan IP yang lebih besar.

Berikut ini cara untuk mendapatkan nilai tinggi menurut beberapa mahasiswa, yaitu:
  1. yang pertama kita harus aktif di kelas bukan hanya aktif sekedar bertanya, menjawab ataupun untuk mengambil perhatian dosen namun aktif juga dalam pengurus kelas seperti menjadi ketua kelas, sekretaris, bendahara,dll. Menurut mereka biasanya dosen memberikan nilai kepada orang yang mereka kenal mukanya atau kenal namanya.
  2. selain itu jangan menunda-nunda tugas, ketika ada tugas langsung kerjakan hari itu juga, mau selesai ataupun tidak yang penting ada pergerakan daripada menunda-nunda semuanya akan menumpuk dan nantinya menjadi tekanan batin.
  3. selanjutnya kita harus mengerjakan apa yang ditugaskan oleh dosen semaksimal mungkin, berikan yang terbaik bukan hanya apa ada adanya jika ingin mendapatkan nilai yang bagus.
Kemudian untuk berinteraksi dengan sivitas akademik menurut Kang Rizal Saepulloh, "kita harus mengenali mereka terlebih dahulu karena kita tidak bisa berinteraksi jika kita belum mengenal mereka, ketika kita membutuhkan mereka kita akan tahu kepada siapa yang harus kita temui. Selanjutnya walaupun kita belum kenal tetapi kita bertemu di jalan usahakan sopan satun tetap dijaga, dan menyapa. Kemudian untuk interaksi dengan staf akademik jika ada keperluan atau ada kegiatan yang berhubungan dengan akademik jangan dadakan lebih baik direncanakan terlebih dahulu."


Dari wawancara yang kami lakukan, para kating (kakak tingkat) juga memberikan saran untuk para mahasiswa baru, antara lain:

"Berikan yang terbaik, kita kuliah hanya 4 tahun. Semester 1 ini adalah masa-masa seru kita, manfaatkan dengan semaksimal mungkin. Aktiflah pada organisasi walaupun hanya 1 organisasi saja dan bagilah waktumu dengan baik antara organisasi dan akademik dengan seimbang. Jadilah mahasiswa baru yang berkarakter, yang memiliki ciri khas seperti sopan santun yang luar biasa, berbaur dengan baik dan tidak adanya geng-gengan."

"Rajin-rajin belajar, jaga interaksi antara satu dengan yang lainnya, ikuti organisasi yang sesuai minat kalian."

"Tetap semangat, jangan lupa ikutan organisasi karena menurut aku itu bisa mengasah skill kita, dan keterampilan kita dalam berorganisasi."

"Untuk mahasiswa baru diusahakan kalian ikut UKM dan ORMAWA, jangan sampai jadi mahasiswa kupu-kupu"

"Jangan menunda tugas, karena dulu saya pengalaman sering menunda tugas alhasil menjadi numpuk dan tidak dikerjakan. pas akhir perkuliahan jadi pusing sendiri, stress sendiri, lebih baik kerjakan secepat mungkin."

"Kalian harus semangat, jangan capek, tugas harus masuk, aktif dikelas, jangan lupa ikut organisasi minimal satu aja lah."

"Harus memperkaya ilmunya bagaimana cara berkomunikasi dengan oranglain, welcome sama kakak-kakak tingkatnya, belajar berorganisasi selama kita kuliah, jangan sampai tidak ikut ya minimal satu organisasi."

"Ikuti alur perkuliahan dengan baik dan benar, lebih aktif dikelas, harus belajar sendiri karena tidak cukup hanya materi dari dosen saja. Cari organisasi yang kita minati dan konsisten pada organisasinya."

"Enjoy di semua sisi kehidupan kampus. Ada saatnya dimana manis pahitnya kehidupan di kampus, terutama di semester 3 kita akan tahu bagaimana saling sikutnya. Jadi enjoying aja semuanya tergantung bagaimana kita membawa diri. kalau organisasi tergantung bagaimana bakat dan minat kita apakah organisasi itu penting apa tidak buat diri kita."

Dan masih banyak lagi saran-saran yang mereka berikan.
.













Anggota kelompok:
Aneng Nurul Mawati (1703967)
Desri Nurfitriani (1705407)
Siti Khoiriyah (1700209)
Viska Wulandari (1700209)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu Yang Wajib Dihafal Saat MOKA-KU UPI

Tutorial Membuat Lockscreen/Homescreen ala-ala Moodboard